16 Januari 2008

Menghafal Al Qur'an Itu Mudah Lho!

Surprise dengan judul di atas? Bukan bermaksud meremehkan sesuatu yang rumit atau mengecilkan sesuatu yang besar. Saya cuma mau cerita pengalaman hari ini yang begitu berkesan sampai-sampai muncul judul di atas.

Semuanya ini bermula dari cerita seorang teman sekelas saya di MU. Namanya Nurul Fajri. FYI, sebelum belajar Bahasa Arab, Nurul sudah menamatkan program Tahfizh (menghafal Al Qur'an) di MU. Sehingga saat bergabung bersama siswa-siswa Bahasa, Nurul sudah mendapatkan gelar Al Hafizh.

Suatu hari, Nurul bercerita tentang cara mudah menghafal Al Qur'an. Dia bilang, jangan langsung mulai menghafal tapi perbanyaklah tilawah terlebih dulu. Nurul memberi contoh: hari pertama 5 juz, hari kedua 10 juz, hari ketiga 15 juz lalu ulangi lagi. Lakukan terus menerus selama beberapa waktu sampai kita terbiasa. Setelah itu barulah mulai menghafal. Cara ini bertujuan agar kita terbiasa dengan isim (noun), fi'il (verb), hurf, dan susunan kalimat dalam ayat-ayat Al Qur'an. So, saat kita mulai menghafal, kita nggak kesulitan mengingat ayat-ayat yang sedang ditarget.

Cara ini saya pakai saat mulai menghafal 3 surat di juz 29, yaitu Al Haqqah, Al Ma'arij, dan Nuh. Dari awal Januari sampai tanggal 15 kemarin, saya berulang-ulang membaca ketiga surat ini agar mudah menghafalnya. Dan itu terbukti hari ini.

Pelajaran pertama hari ini adalah Tafsir. Tapi bukannya belajar Tafsir, Ustadz malah mengecek hafalan kami, khususnya hafalan surat Nuh. Berhubung saya memang belum hafal satu ayat pun, terpaksa deh saya menggunakan jam pelajaran untuk menghafal surat itu mulai dari ayat pertama. Kacau banget ya? Ini sih nggak ada bedanya dengan sistem SKS. Malah mungkin lebih parah. Jangan ditiru ya!

Tapi alhamdulillah, dalam waktu kira-kira 45 menit itu, saya bisa menghafal 10 ayat. Dan saya ingat banget, saat itu terasa enteng dan ringan saat menghafal. Mungkinkah ini efek dari seringnya saya membaca surat Nuh? Wallahu a'lam tapi satu hal yang pasti, cerita Nurul benar-benar bermanfaat. Subhanallah, semoga Allah Ta'ala memberi pahala pada Nurul karena bersedia sharing kepada saya.

So, kalau sekarang saya ditanya, "Susah nggak sih menghafal Al Qur'an?"

Jawabannya, "Nggak, gampang kok!"

Tapi jangan lupa untuk muraja'ah (mengulang-ulang). Karena hafalan Al Qur'an sangat gampang hilang kalau kita males/ lupa/ enggan muraja'ah. Dan saya rasa inilah bagian yang susahnya: muraja'ah hafalan.

Tapi bukankah tidak ada kesuksesan yang didapatkan tanpa kesulitan?

2 komentar:

Kayyis Online Shop mengatakan...

Assalamualaikum,
cie dah punya blog euy sekarang,
moga2 sukses deh dengan semua rencananya. btw, kenapa milih malaysia? knapa gak alazhar atau madinah? atau sorbrone? hehehe

entertainment mengatakan...

waduuuh klo gampang seharusnya lancar baca ktk dsruh ma ust.Adnan