14 Januari 2009

Mulai Nongol Lagi

Alhamdulillah bisa ngeblog lagi. Nggak kerasa, waktu cepat sekali berlalu. Kalau dihitung-hitung, sudah 6 bulan saya nggak nongol di blogspot. Maklum deh, kering ide sih. Bingung mau nulis apaan.

Tapi sekarang insya ‘Allah nggak bingung lagi. Ini karena saya sudah nemuin tema besar yang akan saya pakai untuk ngeblog. Tema itu adalah tentang menghafal Al Qur’an.

Wah, ada apa nih kok milih temanya “berat” seperti itu?

Ups, maaf, bukan “berat”, tapi “berbobot”. He he he...

Latar belakangnya adalah karena saya merasakan suatu kenikmatan menghafal Al Qur’an. Dan saya ingin membaginya ke teman-teman sehingga teman-teman juga tergerak melakukannya.

Sedikit flash back ke belakang. Mulai tanggal 24 November tahun lalu, saya mulai menghafal Al Qur’an di bawah bimbingan Ustadz Zulfah Hendra, SQ. Beliau adalah alumni Perguruan Tinggi Al Qur’an (PTIQ) yang tinggal di Ciledug. Saat ini beliau diamanahi sebagai Imam Masjid Al Ikhlas Komplek Karang Tengah Permai, Ciledug. Alhamdulillah beliau sangat sabar membimbing saya menghafal.

Saya bukannya sombong ya, tapi emang kenyataan. Saya itu bandel banget. Disuruh muraja’ah (mengulang-ulang hafalan) setiap hari bada Subuh, nggak nurut. Muraja’ahnya pakai tempo. Tempo mau, ayo; tempo nggak, ya udah, tinggalin. Alhasil, setelah 2 bulan dibimbing beliau, saya baru hafal 1,5 juz, yaitu juz 30 dan surat Al Mulk – surat Nuh (juz 29). Padahal orang lain mungkin sudah 2 juz. Tapi subhanallah, Ustadz Zulfah sabar banget. Nggak pernah beliau memarahi saya karena malas muraja’ah. Te O Pe Be Ge Te deh.

Uniknya, walau malas muraja’ah setiap hari, tapi saat itu saya lakukan, saya merasa nikmat banget. Biarpun kadang-kadang pusing karena ayatnya ketuker-tuker tapi setelah selesai muraja’ah, saya merasa kenikmatan yang luar biasa. Aneh nggak? Aneh ya? Tapi kayaknya nggak deh. Karena kan Al Qur’an itu obat bagi hati. Jadi, makin sering seseorang membaca dan menghafal Al Qur’an, ibaratnya ia makin banyak memakan obat untuk hatinya.

Subhanallah… pantes aja banyak orang yang senang menjadi hafizh (penghafal Al Qur’an).

Nah, kebahagiaan seperti itulah yang ingin saya bagi ke teman-teman. Sehingga akhirnya kita semakin sering berinteraksi dengan Al Qur’an. Kita kan pengikut Nabi Muhammad, masa sih kita interaksi dengan wahyu yang beliau bawa pas Ramadhan doang? Sedih deh…

Yuk, kita sama-sama sering berinteraksi dengan Al Qur’an.

Tidak ada komentar: